Champion Business-preneurship

Cara Membangun dan Mengelola Usaha I Bisnis

Champion Business-preneurship adalah pelatihan dan workshop praktis untuk membangkitkan jiwa wirausaha/bisnis, serta meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola kegiatan usaha/bisnis.

Tujuan spesifik pelatihan dan workshop ini antara lain:

  1. Mampu mengatasi hambatan-hambatan diri (self limiting belieft) dan memiliki mindset yang tepat, serta mentalitas dasar sebagai seorang wirausaha
  2. Memahami faktor-faktor kegagalan dan faktor-faktor keberhasilan menjadi wirausaha
  3. Memahami teknik praktis menggali ide/peluang, menilai kelayakan dan keputusan-keputusan usaha/bisnis
  4. Meningkatkan keterampilan mengelola sumberdaya bisnis/usaha secara efektif
  5. Meningkatkan keterampilan membangun strategi efektif dalam meraih pasar potensial, melakukan promosi secara efektif hingga teknik penjualan dan pelayanan.
  6. Menyusun rencana usaha maupun pemasaran secara praktis dan efektif.

Adapun gambaran materi-materi yang akan disampikan dalam pelatihan ini antara lai:

#PEMBANGKITAN BUSINESS SYNDROME DAN CHAMPION-PRENEUR MINDSETMENTALITY

Faktor penting agar seseorang mau menjalani kegiatan bisnis/wirausaha adalah tumbuhnya minat yang kuat terhadap hal tersebut.  Untuk itu penting untuk memahami aspek filosofis dan peran penting mengapa saat ini sangat perlu mengambil jalan wirausaha, menjalani dengan antusias dan membangun kepercayaan dalam bisnis.

Materi ini mengulas tentang bagaimanan membangkitkan sikap dan perilaku prestatif, yang dilakukan dengan membunuh sebanyak mungkin virus-virus negatif yang menghambat kemajuan. Ditambah dengan pembuktian potensi “luar biasa” diri akan semakin meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalani bisnis secara prestatif.

#IDENTIFIKASI FAKTOR KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN BISNIS/USAHA

Fakta yang terjadi pada seseorang yang mendirikan/menjalankan bisnis, berlaku hukum pareto 80:20.  Bahkan bagi pemula, persentase peluang gagal dalam bisnis bisa lebih dari 80%. Namun bukan berarti jika seseorang yang belum pernah bisnis atau kurang memiliki jiwa bisnis maka tidak akan berhasil dalam bisnis, karena jiwa bisnis dapat ditanamkan dan keterampilan bisnis juga dapat dipelajari. Kondisi seperti ini perlu dikenali oleh setiap peserta, disamping penting juga untuk mengenali kekurangan dan kelebihan pribadi yang selama ini dimiliki.

Untuk itu melalui asesmen individual dan simulasi bisnis praktis, peserta akan di ajak untuk praktek dan merasakan apa yang masih menjadi kekurangan maupun kelebihan apa yang dimilikinya.  Modul ini juga akan menguraikan bagaimana mengeliminasi kekurangan dan memanfaatkan kelebihan peserta.

#MENGGALI IDE/PELUANG, MENILAI KELAYAKAN DAN MEMULAI USAHA:

Pemilihan jenis bisnis yang akan dijalankan merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah bisnis akan lebih mudah dijalankan atau lebih rumit serta potensial atau kurang/tidak potensial.  Untuk itu diperlukan kecermatan dan keterampilan praktis mulai dari menggali peluang, menilai kelayakan usaha dan bagaimana memulai dan mengambil keputusan-keputusan bisnis/usaha.

Materi topik ini akan membahas teknik-teknik praktis dan ampuh dalam menggali ide seperti teknik copy paste, teknik ATM, teknik pasar becek, teknik makelaran, teknik apa yang ada, dllSelanjutnya juga akan belajar secara praktis menilai kelayakan usaha berdasar kriteria kelayakan dan bagaimana cara memulai bisnis secara realistis, cepat dan praktis

#MANAJEMEN WIRAUSAHA PRAKTIS

Menjalankan dan mengelola siklus PDCA dalam bisnis adalah ujian sebenarnya tentang konsistensi seseorang menjalani kegiatan wirausahanya.  Dalam tahap ini kita menghadapi kenyataan bahwa sebagian besar para pebisnis menghentikan bisnisnya sebelum menyentuh 2 tahun pertama.

Untuk  itu penting agar seseorang memahami  bagaimana cara bertahan dalam menjalankan bisnis, mengimunisasi dan mengendalikan diri dalam menghadapi tantangan bisnis, bagaimana mengelola sumberdaya wirausaha hingga secara konsisten memutar siklus PDCA dalam mengelola bisnis.

#STRATEGI MERAIH PASAR & PELANGGAN

Materi ini mengulas tentang bagaimana menemukan segmen-segmen pasar potensial, membidik sasaran yang tepat (memiliki nilai yang tinggi dan mudah dijangkau) hingga bagaimana menjangkau pasar tersebut secara efektif, sehingga dapat meraih penjualan yang diharapkan.  Oleh karena kenyataan menunjukkan bahwa aspek pemasaran menjadi faktor penyebab kegagalan yang sering terjadi dalam bisnis, maka penting bagi peserta memahami teknik praktis dan mutakhir dalam membelah pasar, teknik prospecting & lead generation, komunikasi pemasaran, penjualan, pelayanan yang menciptakan kepercayaan, pembelian berulang dan loyalitas propspek/pelanggan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*