Deep Impact Presentation

Strategi & Teknik Presentasi Unggul

strategi & teknik presentasi

Deep Impact Presentasion adalah sebuah pelatihan tentang strategi daan teknik melakukan presentasi yang memberikan pengaruh yang kuat kepada audience sesuai tujuan dan isi materi presentasi yang disampaikan.

Secara spesifik, tujuan pelatihan ini adalah:

  1. Membangkitkan kesadaran dan mentalitas dasar presenter handal
  2. Meningkatkan kemampuan dalam mempersiapakan dan mengorganisasi konten presentasi  berkualitas
  3. Meningkatkan keterampilan menyajikan presentasi secara dinamis dan efektif
  4. Meningkatkan keterampilan melakukan presentasi  berkesan & memicu tindakan

Adapun isi dari pelatihan ini meliputi:

# KESADARAN & MENTALITAS DASAR PRESENTER HANDALManfaat Menjadi Presenter Handal I Mentalitas Pencipta Presenter Handal  I Cara Membangkitkan Mentalitas Presenter Handal

Siapapun bisa menjadi presenter hebat, tidak perlu harus berbakat. Menjadikan diri sebagai presenter hebat membutuhkan semua perangkat yang telah tersedia pada setiap individu.

Salah satu faktor penting untuk menjadi presenter hebat adalah mentalitas dasar yang memegang peran fundamental. Mentalitas dasar ini terkait dengan faktor-faktor kepribadian seperti Percaya Diri, Dapat Dipercaya, Kesungguhan, Pribadi yang Dinamis.  Untungnya sifat-sifat kepribadian di atas masih dalam rentang kendali pribadi (bisa dimunculkan potensinya).

3 Hal pokok yang akan di bahas pada sesi ini adalah apa alasan yang membuat orang mau menjadi presenter handal, mentalitas seperti apa yang menciptakan presenter handal dan bagaimana cara praktis  membangkitkan mentalitas dasar presenter handal tersebut.

# PRA-PRESENTASI UNGGUL: Persiapan Penguasaan Audience I Perencanaan dan Pengorganisasian Konten Berkualitas

Kesuksesan seseorang dalam presentasi di awali dari persiapan yang unggul.  Persiapan yang unggul mampu menciptakan setengah kesuksesan presentasi, yang ternyata juga masih dilakukan oleh para presenter profesional.

Pernahkan anda menyaksikan sebuah presentasi yang terasa hebat tapi mendapat respon biasa-biasa saja. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena tidak sesuai dengan kondisi ataupun  ekspektasi audience.  Untuk itu penting sekali untuk mengenali audience sebelumnya.

Hal lain yang akan dibahas pada sesi ini adalah bagaimana merencanakan dan mengorganisasi konten bahasan. Dalam hal ini bagaimana menciptaan konten yang berbobot dan memadukannya dalam struktur konten yang tepat dalam penyampaiannya.

# TEKNIK MENYAJIKAN PRESENTASI DINAMIS DAN EFEKTIF

Apa jadinya jika sebuah hidangan yang lezat, tetapi disajikan dalam jumlah berlebihan, tidak pada timing yang tepat dan perlengkapan sajian yang kurang sesuai, maka nilai kelezatannya akan luntur.  Hal ini secara prinsip berlaku juga untuk presentasi.

Presentasi yang efektif dan dinamis haruslah memperhatikan bagaimana memulai penyampaian yang mengundang daya tarik atau minat audience hingga penutupan yang berkesan.  Di antara pembukaan dan penutupan, penting bagi presenter untuk menciptakan penyampaian konten yang mengalir yang membuat audience tidak hanya jelas mengerti isi penyapian, tetapi audience beperan aktif dalam melibatkan emosinya pada presentasi tersebut.

Sesi ini akan menunjukkan juga bagaimana menggunakan alat bantu, memanfaatkan jeda, menggunakan humor, mengemas cerita, dan berbagai upaya lain yang membuat audience betah mengikuti dan melibatkan diri pada presentasi kita.

# JURUS PRESENTASI BERKESAN & MEMICU TINDAKAN

Dalam dunia yang penuh dengan pilihan, presentasi  efektif dimana penyampaian yang jelas dan mudah dimengerti belumlah mencukupi.   Presentasi yang unggul saat ini adalah presentasi yang membuat audience terkesan dan mau bertindak seperti yang diharapkan presenter.

Sesi kali ini difokuskan untuk membahas cara-cara bagaimanan agar presentasi kita diingat audience dalam jangka waktu lama atau tidak mudah dilupakan.   Untuk itu penting untuk memanfaatan beberapa alat maupun teknik seperti teknik repetisi, alat bantu pengingat, analogi, penguat kisah, penambatan (anchoring), kekuatan metafora dll.

Hal yang penting juga dalam sesi ini adalah bagaimana membuat setiap gagasan, program, maupun konsep yang kita sampaikan memicu keinginan yang kuat dari audience untuk mengikuti, melibatkan diri hingga menginspirasi untuk mengembangkannya.  Bagaimana cara-cara memperkuat manfaat/solusi, menciptakan rasa memiliki maupun rasa berkepentingan,  hingga resiko jika mengabaikannya, akan menjadi ulasan yang disampaikan pada sesi ini.

Bagaimana menurut Anda? Adakah tujuan atau materi yang belum sesuai untuk perusahaan Anda?

Mari, dengan senang hati saya bersedia mendiskusikan hal ini untuk perusahaan Anda.  Hubungi langsung 0813 20777735 atau 0815 1488 5951.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*