Smart Negotiation

Teknik dan Strategi Negosiasi

Smart Negosiation adalah pelatihan dan workshop tentang strategi dan teknik negosiasi praktis yang ditujukan agar para peserta bisa menjadi negosiator yang efektif dan sukses.

Secara khusus, tujuan pelatihan ini adalah agar peserta:

  1. Menggugah kesadaran pentingnya memiliki keterampilan negosiasi
  2. Meningkatkan keterampilan merancang persiapan dan penguatan posisi tawar
  3. Meningkatkan keterampilan menggunakan jurus dan seni bernegosiasi sukses
  4. Membangun keterampilan Negosiasi Mutualistis & Memperbesar Kemenangan
  5. Meningkatkan keterampilan Negosiasi Jual-Beli Saling Menguntungkan
  6. Meningkatkan keterampilan Negosiasi dengan Pihak/Kelompok Spesifik

Materi-materi yang akan disampaiakan antara lain, yaitu:

# SADAR NEGOSIASI: Mengapa Negosiasi Penting I Manfaat Terampil Negosiasi

Siapapun kita tidak bisa sembunyi dari keharusan negosiasi. Setiap hari, suka atau tidak suka kita akan melakukan negosiasi untuk memperoleh kesepakatan atas masalah, keputusan maupun tujuan. Proses hingga hasil negosiasi bisa menyenangkan atau tidak menyenangkan.  Seringnya orang bernegosiasi sehari-hari, maka mereka yang memiliki keterampilan bernegosiasi cenderung mudah menjalani kehidupan.

Dalam dunia bisnis keterampilan negosiasi sangat menentukan kesuksesan bisnis.  Banyaknya negosiasi dengan pelanggan, partner, investor, pemegang saham, antar karyawan, pimpinan dengan yang dipimpin, mencerminkan seberapa intens bisnis bergerak.

Disamping hal-hal di atas, topik ini akan menguraikan manfaat-manfaat penting memiliki keterampilan negosiasi. Demikian juga akan diuraikan apa dampak negatif oleh karena tidak tersedianya sumberdaya manusia yang memiliki keterampilan negosiasi.

# MEMPERSIAPKAN NEGOSIASI: Mematangkan Persiapan I Merancang Penguatan Posisi

Hal yang begitu penting untuk diingat  bahwa sebuah negosiasi bisa menghasilkan kesepakatan maupun ketidaksepakatan.  Sepakat maupun tidak sepakat tentu memberikan pengaruh/dampak terhadap organisasi.  Oleh karena itu mempersiapkan negosiasi secara baik memegang peranan sangat penting.  Persiapan yang matang bisa dikatakan setengah dari keberhasilan.

Topik ini juga akan mengulas bagaimana menetapkan sasaran/tujuan yang ingin diperoleh, batasan yang bisa ditoleransi.  Persiapan penting lainnya menyangkut bagaimana merancang penguatan posisi tawar, berdasarkan pengetahuan yang memadai tentang pihak lain yang menyangkut kepentingan atau motif, sasaran/tujuan, hingga kemungkinan tekanan-tekanan yang ada.

# JURUS – SENI NEGOSIASI: Cara Menggunakan vs Cara Menangkalnya

Sebagai sebuah seni, negosiasi dapat dilakukan dengan cara yang dinamis, dapat melibatkan berbagai jenis emosi.  Keterlibatan berbagai jenis emosi dalam negosiasi bisa disengaja maupun tidak disengaja (terjadi apa adanya).  Ekspresi emosi tertentu yang dIlakukan dengan tepat bisa memberi pengaruh siknifikan bagi pihak lain.

Sesi ini akan menunjukkan berbagai jurus seni negosiasi, yaitu negosiasi yang dilakukan dengan menunjukkan ekspresi emosi yang dirangkai dengan kata dan kalimat yang dirancang sedemikian rupa agar memberi hasil yang diharapkan. Di sisi lain sesi ini juga akan menunjukkan bagaimana cara bereaksi dan mengendalikan diri dan pihak lain jika kita mendapatkan “serangan” dalam negosiasi.

# NEGOSIASI SALING MEMPERBESAR KEMENANGAN

Negosiasi sering dipandang sebagai aktifitas berlawanan antara dua belah pihak. Persepsi yang sering timbul pada setiap pihak adalah bagaimana memenangkan negosiasi dengan mengalahkan pihak lain. Ini adalah negosiasi Menang-Kalah. Sebuah kesepakatan apapun yang membuat satu pihak tidak memperoleh manfaat atau bahkan merugi, maka hubungan antar kedua belah pihak tidak akan langgeng.

Sudah seharusnya negosiasi disandarkan kepada keinginan untuk saling memberi, saling berkontribusi dan mengupayakan manfaat bersama yang lebih besar lagi. Inilah negosiasi yang bukan sekedar  Menang-Menang, tetapi lebih dari itu adalah Negosiasi  Yang Saling Memperbesar Kemenangan/Manfaat.  Sesi ini juga menjabarkan prinsip dan upaya apa yang perlu dilakukan agar Negosiasi yang Saling Memperbesar Kemenanang ini bisa di raih.

# NEGOSIASI MODEL “JUAL-BELI” & KEBUTUHAN SPESIFIK

Negosiasi Model Jual-Beli akan membahas 2 Hal Pokok:

1.Sebagai pembeli, bagaimana agar meraih barang maupun layanan berkualitas dengan budget pembelian yang hemat.  Topik ini juga membahas kiat-kiat efektif meyakinkan penjual agar memberi harga yang lebih murah.

2.Sebagai penjual, bagaimana agar kita meraih keuntungan yang pantas dimana pembeli juga merasakan manfaat/solusi yang diharapkan dan tercipta hubungan yang baik berkelanjutan. Topik ini juga membahas kiat-kiat meyakinkan pembeli untuk bersedia membayar harga terbaik yang kita tetapkan

Sangat mungkin kita menghadapi situasi, orang, maupun jenis organisi yang berbeda-beda. Secara prinsip persiapan yang dilakukan adalah sama.  Namun demikian oleh karena ada beberapa perbedaan pada karakteristik, kepentingan, tujuan, maka strategi negosiasinya juga berbeda. Materi pada sesi ini merupakan materi opsional atau pilihan. Peserta dapat memilih 1 atau 2 jenis pihak lain yang akan menjadi lawan negosiasi untuk di bahas bagaimana taktik-taktik melakukan negosiasi tersebut.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tujuan atau materi ini perlu dikembangkan agar lebih sesuai untuk perusahaan Anda?

Mari, dengan senang hati saya bersedia mendiskusikan hal ini.

Hubungi saya di 0813 20777735 atau 0815 1488 5951.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*